-->

Layanan PLN di Kelumpang Utara Resmi Beroperasi 24 Jam

Telah Dibaca : 0 kali
Keterangan photo : Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat melakukan peresmian pengoperasian PLN 24 jam di Kecamatan Kelumpang Utara (Pudi), Rabu (18/9/2024) 


GEMA, KOTABARU - Untuk mewujudkan ekonomi masyarakat yang berdaya saing dengan pemenuhan layanan infrastruktur yang berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Kotabaru meningkatkan pengoperasian listrik PLN di Kecamatan Kelumpang Utara (Pudi) yang tadinya hanya 12 jam kini menjadi 24 jam. 


Peresmian pengoperasian listrik PLN tersebut dilakukan oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar di dampingi manager UP3 Kotabaru Anas Febrian, Camat Kelumpang Utara Frans Subakti, dan masyarakat setempat, Rabu (18/9/2024).


"Alhamdulillah, akhirnya masyarakat Kecamatan Kelumpang Utara (Pudi) bisa menikmati listrik 24 jam," ucap bupati. 


Orang nomor satu di Bumi Saijaan itu pun mengatakan, semua ini tidak lepas dari doa masyarakat sehingga pelaksanaannya cepat selesai. Dan sekarang penggunaan listrik tidak hanya dimalam hari saja namun juga sudah bisa disiang hari, namun demikian harus hemat jangan boros dalam menggunakan listrik. 


Keterangan photo : Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat melakukan peresmian pengoperasian PLN 24 jam di Kecamatan Kelumpang Utara (Pudi), Rabu (18/9/2024) 

Sementara itu, Manager UP3 Kotabaru Anas Febrian menjelaskan, semua ini tidak lepas dari arahan dan dukungan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar sehingga listrik bisa beroperasi selama 24 jam.


"Ini semua merupakan dukungan kami terhadap program Pemkab Kotabaru dan alhamdulillah berhalan lancar setelah menuntaskan pemasangan jaringan sepanjang 137 kilometer," tuturnya. 


Lebih luas Anas Febrian memaparkan, total jaringan yang dikelola sepanjang 2.800 Kilometer dari Desa Langadai menuju Kecamatan Kelumpang Utara. Dan saat ini ada 1.838 pelanggan PLN yang sudah bisa menyala 24 jam dan sisanya masih dalam proses sosialisasi. 


Menanggapi hal itu, Camat Kelumpang Utara Frans Subakti mengatakan, selama ini masyarakat belum pernah merasakan listrik 24 jam dan hanya 12 jam saja. 


"Terimakasih bapak Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dan pihak PLN atas bantuannya, akhirnya kami bisa merasakan listrik PLN menyala 24 jam ditempat kami," ucapnya senang.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Bupati Kotabaru Hadiri Peringatan Maulid Akbar di Sengayam

Telah Dibaca : 0 kali
Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat menghafiri maulid akbar di di Desa Sengagam, Senin (16/9/2014) 


GEMA, KOTABARU - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar beraama rombongan menghadiri peringatan maulid akbar Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah tahun 2024 Masehi yang berlangsung di Desa Sengayam Kecamatan Pamukan Barat, Senin (16/9/2024). 

Selain itu, acara juga dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan mushola dan gedung majelis ta'lim Syababul Muhibbin dilokasi yang sama. 


Dalam sambutannya bupati mengatakan, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah salahsatu wujud keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT juga sebagai bentuk penghormatan dan keteladanan kepada Rasulullah. 


"Moment ini untuk memupuk rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW baik kisah, riwayat hidup ataupun perjuangannya agar dapat dijadikan tauladan bagi kita semua tentang akhlak kepribadian dan ajarannya," ucapnya. 


Dan sambungnya, selain untuk meneladani akhlak Rasulullah SAW juga menyebarkan syiar Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil Alamin dalam artian dimanapun kita berada hendaknya mampu beebagi rahmat dan manfaat bagi lingkungan sekitar. 


Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat peletakan batu pertama pembangunan mushola dan gedung majelis ta'lim Syababul Muhibbin

H Sayed Jafar pun mengajak jamaah semua untuk mampu meneladani sikap, perilaku dan empat sifat Rasulullah SAW yakni, Sidiq, Amanah, Tabliq dan Fathonah, agar bisa direalisasikan dalam kehidupan sehari hari. 


Pada kesempatan itu, bupati juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan mushola dan gedung majelis ta'lim Syababul Muhibbin disaksikan kepala SKPD, Forkopimca, tokoh agama dan masyarakat setempat. 


"Mushola dan gedung majelis ta'lim ini sama sama memiliki peran dan fungsi yang cukup penting, yang mana selain sebagai tempat beribadah umat muslim juga merupakan sarana syiar Islam, pembelajaran pendidikan sera memiliki fungsi ekonomi sosial," tutur bupati. 


Dia berharap, mudah mudahan dengan keberadaan mushola dan majelis ta'lim ini akan mrmbawa keberkahan dan kemakmuran bagi masyarakat Desa Sengayam Kecamatan Pamukan Barat.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Eksebisi Tenis Meja Bupati Cup Resmi Dibuka

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Untuk mencari para atlit dibidang olahraga tenis meja, Pemerintah Kotabaru melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) bersama Pengurus Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kotabaru menggelar pertandingan tenis meja untuk umum di Kecamatan Pulau Laut Utara mulai tanggal 14 sampai dengan 17 September 2024 yang diikut 2 group yakni 50 pemain perseorangan dan 17 ganda putra dan putri. 

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Disparpora Kotabaru Sonny Tua Holomoan di gedung olahraga badminton Desa Semayap Kecamatan Pulaulaut Utara, Minggu (15/9/2024). 


Dalam sambutan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar melalui Kepala Disparpora Sonny Tua Holomoan menyampaikan, kegiatan eksebisi ini selain untuk mencari bibit muda juga ajang silaturahmi bagi para pecinta olahraga tenis meja. 


"Melalui ajang ini untuk bisa melihat langsung bibit yang bisa dijadikan atlit siap bersaing baik event kabupaten maupun tingkat provinsi bahkan nasional," ucapnya. 


Sonny pun memaparkan, pencarian bibit ini bukan hanya terfokus di ibukota Kotabaru saja namun nantinya disetiap kecamatan juga akan digelar event bupati cup. 


Dia juga menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 6 cabang olahraga (Cabor) prestasi yang masuk di bupati cup yakni, Tenis Meja, Badminton, Volly Ball, Futsal, Basket dan Taekwondo. Dan untuk olahraga kreasi yang masuk bupati cup adalah Paralayang dan Gantole. 


"Nantinya para pemenang sebelum ke ajang porprov terlebih dulu di komunikasikan dengan KONI Kotabaru dengan menyiapkan para atlet melalui chociihing clinic dan cabor apa saja yang akan dijadikan unggulan dalam meraih prestasi di tahun yang akan datang," ujar Sonny.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Bahtsul Masail MUI se Kalsel Dilaksanakan di Kotabaru

Telah Dibaca : 0 kali
Kegiatan Bathsul Masail 2024 MUI se Kalsel di
Kab. Kotabaru, Sabtu (14/9/2024) malam di wisata Siringlaut. 

GEMA, KOTABARU - Untuk menyamakan persepsi tentang fatwa atau himbauan yang akan menjadi itjima Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan, maka perlu dilakukan Bathsul Masail, yang mana Kabupaten Kotabaru ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan acara tersebut dan digelar di Panggung Apung Siringlaut, Sabtu (14/9/2024) malam. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum MUI Provinsi Kalimantan Selatan H Nasrullah bersama pengurus, Forkopimda, Ketua MUI se Kalimantan Selatan, Staf Ahli, Asisten dan Kepala SKPD, Kepala Kantor Kementerian Agama Kotabaru, Ketua TP. PKK Hj Fatma Idiana Sayed Jafar dan Pimpinan Pondok pesantren se Kabupaten Kotabaru.


Ketua panitia penyelenggara H Murdianto menyampaikan, Bathsul Masail ini merupakan forum untuk menuntaskan permasalahan yang muncul di jaman sekarang ini, terutama tentang fatwa atau himbauan yang akan menjadi itjima Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Kalimantan Selatan. 


"Terimakasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalsel yang telah mempercayakan kepada Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kotabaru sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Bahtsul Masail 2024 ini," ucapnya. 


Dalam sambutan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar melalui Sekretaris Daerah H Said Akhmad mengatakan, kegiatan ini penting dan membawa dampak positif karena Bahtsul Masail mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan dapat menjadi referensi dalam pembuatan program kebijakan.


"Melalui Bathsul Masail ini perlu kiranya mengangkat kajian tentang permasalahan atau isu-isu di Kabupaten Kotabaru, agar kedepannya kita bisa menemukan solusi terbaik dan hasilnya dapat menjadi referensi dalam pembuatan program kebijakan Pemkab Kotabaru," tuturnya. 


Ditempat yang sama, Sekretaris MUI Kalsel KH Nasrullah, menjelaskan fungsi Majelis Ulama Indonesia sebagai pelayan umat, kepada pengurus MUI dari berbagai bidang harus melayani masyarakat sesuai bidang masing masing. 


"Melalui kegiatan ini nantinya bisa melahirkan ide atau pemikiran baru seperti, lingkubgan, SDA, SDM, dan jangan hanya pada hal hal yang sudah ada untuk kemajuan Kalsel," haraonya. 


Acara juga dirangkai dengan penandatanganan prasasti Rumah Tahfidz Saijaan Kotabaru oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi Ketua MUI Kotabaru, Sekda, Kepala Kementrian Agama Kotabaru, Ketua TP PKK, Ketua Rumah Tahfidz.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Letkol Inf Oktavianto Sudibyo Gantikan Letkol Inf Deden Ika Drajat Sebagai Dandim 1004 Kotabaru

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Sekitar enam bulan bertugas sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 1004 Kotabaru, Letkol Inf Deden Ika Drajat akhirnya berpindah tugas dan digantikan oleh Letkol Inf Oktavianto Sudibyo sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 1004 Kotabaru yang baru. 

Hal itu berlangsung dalam acara pisah sambut Dandim 1004 Kotabaru di kediaman bupati Kotabaru H Sayed Jafar dan dihadiri Wakil Bupati Kotabaru, Sekda Kotabaru, Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Dandim 1004 Kotabaru, Kapolres Kotabaru, Kejari, unsur Forkopimda, kepala SKPD, dan tamu undangan.

pada Selasa (10/9/2024) malam. 


Dalam sambutannya, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar yang di dampingi Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif mengatakan, terima kasih kepada Letkol Inf Deden Ika Drajat dan penghargaan setinggi tingginya atas upaya, kerja keras dan dedikasinya selama melaksanakan tugas sebagai Dandim 1004 Kotabaru. 


"Selamat berpisah dan bertugas ditempat yang baru, tak lupa permohonan maaf apabila dalam berinteraksi selama ini terdapat hal yang kurang berkenan," ucap bupati. 


Sayed Jafar pun, berharap, walau hanya enam bulan bertugas di Kotabaru namun dedikasinya untuk Bumi Saijaan luar biasa dan silaturrahmi yang sudah terjalin selama ini tetap terjaga juga jangan lupakan teman teman di Kotabaru



Senada, bupati juga mengucapkan selamat datang kepada Dandim 1004 Kotabaru yang baru, Letkol Inf Bayu Oktavianto Sudibyo bersama keluarga di Bumi Saijaan. 


"Mudah mudahan jalinan kerjasama yang selama ini telah kita bangun, tetap terjalin sehingga cita cita pembangunan daerah dan visi misinya dapat terwujud dengan baik," ujarnya. 


Pada kesempatan itu, Letkol Inf Deden Ika Drajat, mengucapkan, terimakasih atas dukungan dari Pemkab Kotabaru dan jajaran Forkopimda karena selama menjabat telah banyak membantu dalam melaksanakan tugas. 


"Saya dan keluarga meminta maaf apabila selama bertugas terdapat salah dan khilaf, semoga bisa berjumpa kembali dilain waktu dan walau hanya enam bulan bertugas di Kotabaru namun sangat berkesan dan tidak akan pernah terlupakan," tuturnya. 


Sementara itu, Dandim 1004 Kotabaru yang baru Letkol Inf Bayu Oktavianto Sudibyo mengatakan, perlu adanya dukungan dan kerjasamanya dari Pemkab Kotabaru, TNI-Polri, dan semua pihak terkait selama menjalankan tugas nantinya. 


"Mohon bantuan dan sinergitasnya dari semua pihak dalam menjalankan tugas nantinya untuk kemajuan Bumi Saijaan," harao Dandim 1004 Kotabaru.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Antisipasi Terjadinya Bencana, BPBD Kotabaru Lakukan Pelatihan Destana

Telah Dibaca : 0 kali

GEMA, KOTABARU - Kabupaten Kotabaru salah satu daerah yang secara geografis memiliki potensi bencana cukup tinggi terutama tanah longsor dan banjir. Untuk mengantisipasi terjadinya bencana dan meminimalisir potensi kerugian akibat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru melakukan pelatihan kepada para relawan Desa Tangguh Bencana ((Destana) di Desa Gedambaan Kecamatan Pulaulaut Sigam, Selasa (10/9/2024). 

Acara ini dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki dan dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru Hendra Indrayana, Kabid Penanggulangan Bencana BPBD, Lathifu Arsyiono, Dinas Sosial, pihak kecamatan, perangkat desa dan relawan Destana Desa Gedambaan. 


Dalam sambutannya, Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru Hendra Indrayana mengatakan, saat ini mengadakan pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) untuk para relawan di Desa Gedambaan yang mana merupakan salah satu desa wisata dan dituntut harus mandiri juga tangguh dalam menghadapi bencana. 


"Didesa ini sering terjadi bencana banjir rob, angin puting beliung dan karhutla, maka dari itu dengan adanya tim Destana Gedambaan ini nantinya secara mandiri mampu menghadapinya jika terjadi bencana," ucap Handra. 



Lebih luas dipaparkannya, pelatihan ini bertujuan untuk meminimalisir semua potensi kerugian akibat bencana, dan BPBD sebagai perwakilan pemerintah akan terus mendukung juga melakukan pendampingan serta pembinaan kepada Destana yang sudah terbentuk. 


"Desa Tangguh Bencana (Destana) ini jangan hanya formalitas saja namun ada aktivitas yang bermanfaat dari tim Destana untuk pengurangan bencana," ujar Hendra. 


Dia pun berharap, Destana ini tidak hanya aktif disatu desa saja namun dengan adanya dukungan dari pihak ketiga, pemerintah daerah, dan unsur desa, kedepannya desa yang berpotensi bencana di Kotabaru semuanya dapat menjadi Desa Tangguh Bencana.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Sayed Jafar ; Kades dan BPD Penting Untuk Tata Kelola Pemerintahan Desa

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Sukses melakukan pengukuhan masa jabatan kepada 38 Kepala Desa (Kades) dan 190 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Pulaulaut Barat, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, Kecamatan Pulaulaut Selatan, dan Kecamatan Pulaulaut Kepulauan pada Sabtu (7/9/2024),, kini Bupati Kotabaru H Sayed Jafar kembali melakukan pengukuhan terhadap 24 Kades dan 154 BPD di Kecamatan Pulaulaut Tengah, Kecamatan Pulaulaut Utara, dan Kecamatan Pulaulaut Sigam, pada Senin (9/9/2024). 

"Pengukuhan Kades dan BPD ini penting untuk kelangsungan kepemimpinan dan tata kelola pemerintahan desa yang efektif dan berkesinambungan," kata bupati. 


Sayed Jafar pun berharap, Kades dan anggota BPD dapat terus berkontribusi dalam pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan bersinergi antara pemerintah desa dan masyarakat agar bisa mencapai tujuan bersama. 



"Ciptakan warna perubahan positif untuk desa dan memastikan layanan kepada administrasi kepada masyarakat harus lebih cepat, mudah, terbuka dan ramah kepada setiap warga," tuturnya. 

Camat Pulaulaut Tengah, Muhdi Akbar mengatakan, dengan adanya pengukuhan ini baik Kases maupun anggota BPD tentu dapat membangun desanya masing masing dan terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan sehingga bisa bersinergi untuk kemajuan  pembangunan. 


"Untuk kemajuan bersama kepada Kades maupun anggota BPD agar terus berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak kecamatan," ujarnya.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

75 THL Dilingkup Setda Kotabaru Terima BPJS Ketenagakerjaan

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Sekitar 75 orang Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkup sekretariat daerah Kotabaru menerima Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Daerah H Said Akhmad secara simbolis dikomplek perkantoran bupati Sebelimbingan pada Senin, (9/9/2024). 

"BPJS Ketenagakerjaan ini banyak manfaatnya bagi THL karena ada jaminan kerja seperti kecelakaan dan kematian," ucap Sekda. 


Said Akhmad pun menjelaskan, saat ini pembagian BPJS Ketenagakerjaan ini khusus lingkup sekretariat daerah saja. Sedangkan untuk SKPD yang lainnya akan diusulkan masing masing. 


Salah seorang penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan sebut saja Ali Security sekretariat daerah mengatakan, dengan adanya BPJS ini tentu sangat membantu untuk jaminan kerja apabila terjadi kecelakaan saat bekerja. 


"Saya bersyukur mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Kotabaru kepada kami THL," ujarnya.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Masa Jabatan 38 Kades dan 190 BPD di Kotabaru Diperpanjang

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) yang awalnya 5 tahun ditambah menjadi 8 tahun resmi dikukuhkan oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar pada Sabtu (7/9/2024) di aula kantor kecamatan. 

Pengukuhan tersebut dilakukan kepada 38 Kepala Desa (Kades) dan 190 Badan Permusayawaratan Desa (BPD) di Kotabaru yang tersebar di empat kecamatan yakni, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, dan Kecamatan Pulau Laut Barat. 


Adapun Kades dan BPD yang dikukuhkan, untuk Kecamatan Pulaulaut Selatan ada 8 Kades dan 40 Anggota BPD, Kecamatan Pulaulaut Kepulauan 9 Kades dan 45 BPD, Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar 10 Kades dan 50 Anggota BPD, dan Kecamatan Pulaulaut Barat ada 11 Kades dan 55 Anggota BPD.


"Perpanjangan masa jabatan ini merupakan bentuk kepercayaan dan pengakuan atas dedikasi juga prestasi yang telah dicapai selama ini oleh kepala desa yang sudah bekerja keras memajukan desanya," ucap Bupati Sayed Jafar. 


Dia pun, berharap, kepada kepala desa yang terpilih terus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjalankan tugas penuh dengan tanggung jawab dan sungguh sungguh memberikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk kemajuan desa. 


Selain itu, Bupati Kotabaru juga berpesan sekarang ini masuk masa pilkada jadi kepada kepala desa agar menjaga netralitas dalam pemilihan kepala daerah nanti. 


Pada kesempatan itu, Plt Camat Pulaulaut Kepulauan, Nurcholis menyampaikan, pengukuhan penambahan masa jabatan Kepala desa ini sudah diberlakukan menurut peraturan perundang-undangan. Dan pemerintah kecamatan maupun desa terus bersenigritas untuk kemajuan pembangunan yang ada di kecamatan diantaranya, insfrastruktur jalan dan dermaga. 


"Alhamdulillah, pengukuhan penambahan masa jabatan Kades tahun 2024 ini resmi dilakukan oleh bupati," tuturnya.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Ribuan Umat Muslim di Kotabaru Keliling Kota Baca Burdah dan Doa Tolak Bala

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Sudah menjadi tradisi masyarakat muslim di Indonesia bila hari Rabu terakhir di bulan Safar (Arba Mustamir) maka akan dilakukan pembacaan burdah dan doa tolak bala, tak terkecuali di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, ribuan umat muslim dari berbagai kalangan di Kotabaru berkeliling kota sembari membaca burdah dan doa tolak bala, dengan harapan bisa terhindar dari bencana dan musibah. Yang mana hal ini dilakukan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotabaru bersama perkumpulan majelis taqlim dan masyarakat muslim Bumi Saijaan, Selasa (3/9/2024) malam. 

Sebelumnya, Ketua MUI Kotabaru KH Mukhyar Darmawi memimpin pembacaan Surah Yassin dan kegiatan ini dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah H Said Akhmad dengan star di objek wisata Siring Laut, Jalan H Agus Salim, Jalan Sukmaraga, Jalan Singabana, Jalan Fatmaraga, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Pangeran Hidayat, Jalan Surya Gandamana, Jalan Putri Cipta Sari depan Pasar Limbur Raya, dan Finish di S-Walk Siring Laut Kotabaru.


Pada pelaksanaannya, pembacaan Burdah keliling ini dibagi dalam 3 ring yakni, untuk ring pertama dipimpin Guru H Muzakir dan Guru Sahran bersama Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad, ring kedua dipimpin Guru H Fadlan dan Guru Fahrian juga Guru Sibuaih, sedangkan ring ketiga dipimpin Syarifah Mahja dan Hj Silo.


Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad mengatakan, kegiatan ini sabgat baik yang mana seluruh masyarakat muslim berkumpul memanjatkan dia kepada Allah SWT dan memohon keselamatan dan dijauhkan dari bala bencana. 


"Mudah mudahan melalui kegiatan pembacaan burdah dan doa tolak bala keliling ini Kabupaten Kotabaru dijauhkan dari bala bencana dan mendapatkan keberkahan juga perlindungan dari Allah SWT," harap Said Akhmad. 


Sementara itu, Ketua PHBI Kotabaru H Baharuddin menjelaskan, pada hari Arba Mustamir, banyak orang yang membaca Surah Yasin dan mengulang ayat “Salamun Qaulan min Rabbin Rahim” sebanyak 313 kali, dan setelah membaca Surah Yasin melakukan doa khusus dipanjatkan untuk memohon keselamatan dari segala macam bahaya selama setahun ke depan.


"Memang kegiatan ini rutin kita lakukan setiap akhir hari Rabu pada bulan Safar berkeliling kota bersama masyarakat muskim di Bumi Saijaan," tuturnya.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Pemkab Kotabaru Terima Penghargaan Dari Kemenhub RI

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru menerima penghargaan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia atas Komitmen Tinggi dalam Mewujudkan Kendaraan yang Berkeselamatan, bersama dengan daerah lain yakni, Kabupaten Simalungu Sumatera Utara, Kabupaten Solok Sumatera Barat, Kabupaten Garut Jawa Barat, dan Kota Tanggerang Banten, pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor ke- 22 di Hotel Holiday Inn Pasteur Bandung Jawa Barat, Kamis ( 29/8/2024).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang mana diterima oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, melalui Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru, Khairian Anshari.


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotabaru Khairian Anshari, usai menerima penghargaan mengatakan, penghargaan ini atas komitmen Pemkab Kotabaru yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 


"Penghargaan yang di dapat ini adalah kategori "Pemerintah Daerah Berkomitmen Tinggi Dalam Mewujudkan Kendaraan Yang Berkeselamatan" bersama dengan daerah lainnya," ucapnya. 


Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kotabaru yang telah berkomitmen tinggi dalam mewujudkan kendaraan yang berkeselamatan.


Adapun sarana dan prasarana yang telah dibenahi diantaranya, pengujian berkala kendaraan bermotor dan inovasi pelayanan E-Kir Kotabaru untuk mewujudkan kendaraan yang berkeselamatan sekaligus sebagai motivasi untuk terus meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Kajari Kotabaru : Kita Harus Berinovasi dan Jangan Berpuas Diri Dengan Hasil Yang Ada

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Sudah menjadi agenda tahunan setiap tanggal 2 September adalah peringatan hari lahirnya Kejaksaan yang mana  sesuai keputusan jaksa agung Republik Indonesia (RI). Dan tahun 2024 kalinya peringatan hari lahir kejaksaan ke-79 mengangkat tema "Hari lahir kejaksaan sebagai simbol terwujudnya kedaulatan penuntutan dan advocat general".

Tugas utama kejaksaan adalah sebagai pelaksana tunggal penuntutan, yang mana kedaulatan penuntutan merupakan prinsip fundamental dalam sistem peradilan pidana Indonesia, dimana kejaksaan memiliki wewenang ekslusif untuk melakukan penuntutan dalam perkara pidana dan hanya kejaksaan yang berhak menjadi pengendali perkara dalam perwujudan single prosecution system. 


Hal itu, disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kotabaru H Muhammad Fadlan saat membacakan amanat Jaksa Agung pada upacara peringatan hari lahirnya Kejaksaan ke-79 di halaman Kantor Kejari Kotabaru, Senin (2/9/2024).


"Capaian baik yang didapat oleh kejaksaan saat jni jangan sampai membuat kita berpuas diri karena kedepannya masih banyak tantangan yang harus dihadapi," ucapnya. 


Dia, pun, mengingatka kepada seluruh jajaran kejaksaan baik pusat maupun daerah agar terus menjaga kepercayaan publik dan harus berinovasi dengan mengembangkan diri serta bekerjalah dengan hati nurani,j unjung tinggi nilai nilai kejujuran, integritas dan profesionalitas dalam setiap tindakan. 


Pada kesempatan itu, Kajari Kotabaru H Muhammad Fadlan didampingi ketua IAD Kotabaru Anggiet Fadlan melakukan pemotongan tumpeng peringatan hari lahir kejaksaan ke-79 dan disaksikan seluruh insan jaksa kejaksaan negeri Kotabaru.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Tarik Minat Wisatawan, Disparpora Kotabaru Gelar Festival Katir Race

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, KOTABARU - Untuk menarik minat wisatawan agar datang dan berkunjung ke Kabupaten Kotabaru, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru terus bergerak mempromosikan destinasi wisata dengan berbagai kegiatan diantaranya, festival katir race dan malasuang manu di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan sebagai adat budaya dan kearifan lokal. 

Pembukaan festival katir race dan malasuang manu 2024 tersebut dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki pada Minggu (1/9/2024). 


Pada kesempatan itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki menyampaikan, Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 ini sebagai wujud dan komitmen bersama dalam upaya memajukan sektor pariwisata di Kotabaru dan mampu menjadi daya tarik wisatawan.


"Festival ini bisa dijadikan ajang promosi pariwisata agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokan dan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya," ucapnya. 


Dia pun, mengajak masyarakat agar tetap menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki, sebab budaya kita adalah identitas dan jati diri juga keragaman yang tentu menjadi kekuatan bangsa. 



Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru, Sonny Tua Halomoan menjelaskan, event ini masuk dalam kalender event yang diselenggarakan oleh Pemkab Kotabaru melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan bekerjasama dengan panitia Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, sebagai salah satu usaha menggalakkan promosi wisata melalui budaya sebagai warisan para pendahulu kita.

"Guna menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah, sangat penting untuk menciptakan kondisi sapta pesona, yang terdiri dari tujuh unsur yakni, aman, tertib, bersih, sehat, indah, ramah dan kenangan," tutur Sonny. 


Dia pun, mengajak kepada para pengunjung untuk bisa meluangkan waktunya untuk membersihkan pantai Teluk Aru agar bisa tercipta Sapta Pesona sehingga wisatawan baik lokal maupun luar bisa merasakan bagaimana Teluk Aru itu indah dan bersih. 


Perlu diketahui, katir race dulunya hanyalah sebagai sarana dalam mencari ikan dan alat transportasi oleh warga setempat, namun sekarang menjadi sport tourism yang mana diwilayah Provinsi Kalimantan Selatan hanya ada di Kabupaten Kotabaru. Yang mana kolaborasi empat desa yaitu, Desa Teluk Aru, Desa Kerasian, Desa Kerayaan dan Desa Kerumputan. 


Sedangkan Malasuang Manu adalah budaya adat kearifan lokal daru suku Mandar yakni, melepas sepasang ayam jantan dan betina dibibir pantai Teluk Aru atau ke Pulau Cinta yang terus dilaksanakan secara turun temurun sebagai ucapan rasa syukur kepada yang maha kuasa.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:

Arsip Blog

Follow Twetter Gema Saijaan Online
Follow Facebook Gema Saijaan Online
`
 
Tutup
Hosting Murah